Brand atau merk dalam sebuah usaha tradisional biasanya hanya diasosikan sebagai 'Logo' atau paling hanya 'nama'. Brand hanya sebatas 'urusan visual' semata, itulah pandangan orang kebanyakan atas makna brand. Namun tugas lain dari sebuah brand sebenarnya bukan hanya sebagai identitas atribut maupun verbal, namun lebih dari itu, brand harus mampu menciptakan persepsi dan memberi makna pada kepada konsumennya.
kalo menurut gue kebalik, yap kalo ngomongin sebuah produk kebanyakan yang kita liat pasti brand nya dulu kan? semisal kita jalan jalan ke mall, kita mau nyari baju, ya pasti nyari baju yang sesuai ama brand yang kmu sukain kan? so menurut gue brand sangat berperan besar dalam pemasaran produk itu. gampangannya gini lah. ada seseorang yang beli kaos dan dia lebih mentingin merknya daripada kualitas. misalnya harga kaos 100ribu dengan brand terkenal dibanding dengan kaos 40rb dengan brand xxx tapi kualitasnya sama.